Orang Yang Bertanggung Jawab Melangsungkan Aqiqah

Terkait masalah siapa yang bertanggung jawab menyelenggarakan aqiqah ini leluasa. Namun, orang yang paling utama menanggung jawab aqiqah seorang anak adalah bapaknya, atau orang yang berkewajiban untuk menafkahi anak tersebut. Jika salah seorang dari kerabat berkeinginan untuk meng-aqiqahinya, maka hal ini tidak mengapa. Jadi kalo kakek, saudara, paman dan selainnya meskipun mereka tidak wajib menafkahi si anak maka jika mereka mengaqiqahi anak tersebut, hal tersebut sesuai dengan as-Sunnah insya Allah.

Pendapat ini dikatakan oleh Ibnu Hajar, asy-Syaukani dan ash-Shan’ani. Alasan mereka adalah hadits Samurah: “Disembelihkan hewn aqiqah pada hari ketujuh”. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata, “Sabda beliau dalam bentuk majhul (pasif, tidak disebutkan subyeknya) menunjukkan bahwa tidak ditentukan siapa yang bertanggung jawab untuk menyembelih aqiqah.” Ini diperkuat dengan kenyataan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengaqiqahi al-Hasan dan al-Husain.

Semoga apa yang kami share diatas bisa menambah wawasan anda terkait pelaksanaan ibadah aqiqah. Kami siap membantu dalam hal mempermudah anda dalam melaksanakan aqiqah. Pendaftaran bisa melalui WhatsApp, gratis ongkos kirim sejabodetabek dan bayarnya boleh dilakukan setelah pesanan udah sampe dirumah anda.

Update harga paketan aqiqah dan paketan nasi kotak bisa anda lihat pada halaman Tentang Kami di website ini. Masakan yang kami tawarkan insya Allah enak dan bebas bau prengus. Anda bisa melihat testimoni yang sudah pernah mencicipi masakan kami di akun instagram: layananaqiqahsejabodetabek. Hubungi nomor layanan konsumen kami di: 0818-064-50-434 untuk detail info lainnya dan juga untuk melakukan pemesanan. Ingat, ibadah aqiqah cuman dilakukan sekali seumur hidup. Jangan sembarangan memilih penyedia jasa aqiqah, pilih saja kami yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Sumber info: buku Panduan Praktis Aqiqah Berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah oleh Abu Muhammad Ibnu Shalih b. Hasbullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *